Laman

Kamis, 21 April 2016

Bahaya Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui - Sangat sulit rasanya pada zaman ini untuk menghindari makanan penyebab terjadinya kolesterol,dalam artikel ini mari kita bahas apa saja bahaya atau dampak buruk akibat tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah pada kesehatan tubuh.

Bahaya Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui
Sebelum ke inti permbahasan yaitu dampak timbunan kolesterol tinggi maka akan lebih baik apabila kita mengenal terlebih dahulu apa sebenarnya kolesterol itu, sehingga anda akan semakin paham, mengerti dan semakin mudah untuk memahami isi dari pembahasan ini.

Kolesterol merupakan sebuah senyawa lemak yang kompleks dan sebagian besar kolesterol yang ada dalam tubuh manusia ini berasal dari dalam tubuh sedangkan sisanya berasal dari makanan, meskipun ketika mendengar kolesterol ini cukup menakutkan namun masih banyak manfaat untuk tubuh kita, jumlah kolesterol dalam tubuh di usahakan harus tetap seimbang sesuai dengan kebutuhan, apabila tampak berlebih maka akan meningkatkan beberapa resiko komplikasi dari penyakit kolesterol tinggi ini.

Ukuran kadar kolesterol normal menurut WHO yang kami kutip dari http://disehat.com/kadar-kolesterol-normal-menurut-who/ adalah sebagai berikut ini  :
  • Kurang dari 200 mg/dL, ukuran ini merupakan takaran kadar kolesterol yang normal. Artinya jumlah kadar kolesterol LDL, HDL, serta Trigliselida masih kurang dari angka 200 mg/dL. Jika hal itu terjadi maka resiko terkena penyakit jangtung akan semakin tipis atau sedikit.
  • Berada pada angka 200 – 239 mg/dL, ukuran ini masih tergolong kolesterol cukup.
  • Lebih dari ukuran 240 mg/dL merupakan ukuran kadar kolesterol yang tinggi, hal ini dapat memicu penyakit jantung korener.
Sedangkan menurut jenisnya kolesterol ini terbagi menjadi 2 yaitu  : 

Yang pertama adalah Kolesterol LDL (low density lipoprotein) - Jenis kolesterol ini sering disebut kolesterol jahat karena LDL ini mengangkut paling banyak kolesterol dan apabila kadar LDL ini berlebih maka akan terjadinya pengendapan pada arteri dan menghambat suplai darah ke berbagai organ penting lainnya, sehingaa dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Yang kedua adalah Kolesterol HDL (high density lipoprotein) - Jenis kolesterol ini bisa dikatakan baik karena hanya sedikit mengangkut kolesterol, bisa bekerja sebagai penyeimbang yang bekerja membuang kolesterol berlebih untuk kembali pada hati untuk selanjutnya diolah menjadi HDL.

Selain kedua jenis kolesterol di atas ada satu lagi jenis lemak yang dikatakan berbahaya yaitu triglisedira dengan meningkatnya kadar trigliserida dalam darah maka akan memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah. baca juga obat kolesterol jamkho 
  • Apabila dibiarkan berlarut -larut tanpa adanya penanganan serius kolesterol tinggi ini akan sangat berbahaya diantara bahaya kolesterol tinggi ini antara lain  :
  • Meningkatkan resiko penyakit jantung, dengan kelebihan kolesterol dalam darah akan membuat jantung bekerja lebih berat sehingga membutuhkan sebuah tekanan yang kuat untuk memompa darah pada akhirnya akan meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal.
  • Pengendapan kadar kolesterol dalam darah juga dapat meningkatkan gangguan fungsi hati dan ginjal
  • Dengan tingginya kadar kolesterol penyumbatan flak dalam darah juga akan mengurangi suplai darah dan oksigen pada otak sehingga bisa memicu terjadinya stroke.
Itulah informasi  bahaya kolesterol tinggi yang dapat kami berikan kepada anda semua, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan tubuh secara menyeluruh dan bisa menjalankan aktivitas dengan semaksimal mungkin, mari merubah gaya hidup kurang baik menjadi sangat baik dan sehat untuk investasi kesehatan kita, semua informasi di atas bisa memberikan kesadaran, memberikan sebuah wawasan baru tentang penyakit kolesterol dan dampak terhadap tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar